Senin, 26 November 2012

Belajar Meningkatkan Motivasi Belajar







       Untuk pertama kalinya, dosen memberikan tugas menuliskan masalah-masalah atau kendala yang dihadapi untuk mulai belajar, mungkin ini sebuah usaha  dosen mengetahui masalah belajar kami, tapi ini juga sebuah kritikan keras dan bukti bahwa tingkat belajar kami masih sangat minim, ini juga merupakan kondisi mahasiswa pada umumnya. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kurangnya semangat belajar bagi mahasiswa, tentunya multifaktor, tapi kiat tidak akan membahas faktor tersebut, mari kita kaji bersama solusi untuk masalah kecil ini.

         Banyak orang bilang, belajar itu bagaikan sebuah anak burung yang belajar terbang, tak berhenti sebelum dia dapat terbang, tahukah anda bagaimana cara dia belajar terbang? awalnya dia berdiri di ranting pohon kemudian di dorong oleh induknya,apakah dia langsung dapat terbang? tentu tidak, dia jatuh kemudian bangkit lagi. Sungguh tragis harus terjatuh dahulu.

Apa saja faktor stimulus motivasi belajar 
  1. Motivasi internal, kesadaran pada diri sendiri tentang betapa pentingnya belajar sebagai media aktualisasi   ilmu serta pengembangan diri.
  2. Motivasi eksternal, rangsangan dari luar, berupa dorongan dari orang lain, lingkungan sekitar yang memaksa untuk belajar.
Tips untuk meningkatkan semangat belajar

Semangat belajar tidak akan terbentuk apabila diri pribadi orang tersebut memang tidak memiliki kesadaran tenatng urgensi dari belajar, cita-cita serta kesadaran diri terhadap usaha orang tua untuk melihat kita sebagai anaknya berhasil.

1. Bergaul dengan orang yang suka belajar

Bergaul dengan orang yang suka belajar dan berprestasi, minimal kita akan senantiasa belajar dan secara bertahap kita pun akan gemar belajar, kebiasaan suka belajar pun akan tertular ke kita. Juga sebagai media untuk kita bertanya dan memecahkan masalah dari materi-materi yang sulit di pahami. Bertanya dan searing pengalaman bagaimana berprestasi dan mendapatkan beasiswa.

2. Belajar bebas

konsep belajar sebenarnya adalah ekslorasi terhadap alam. kita dapat belajar apa saja, keterampilan hidup, menulis,musik. Tapi pada intinya adalah senantiasa memotivasi diri untuk memberikan berubahan pada diri meskipun sedikit.

3.Menggunakan Media Online

Zaman modern dan serba canggih membuat jarak tempat dunia ini semakin dekat. salah media paling efektif adalah media online, sebagai salah satu milis tempat bertukar pendapat, dan pengalaman yang tak terbatas.

4. Bergaul dengan Orang yang optimis dan selalu berpikir positif

Bergaulah dengan orang yang optimis dan berpikir positif, maka kita akan tertular sikap tersebut yang merupakan sebuah pondasi khusus, bagi kita sebagai manusia biasa yang memiliki intuisi dan pencitraan yang terkadang berubah ubah.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar