Sabtu, 12 Mei 2012

Sinopsis buku Baramuli dalam menggugat zaman

Kehidupan adalah pusinga peristiwa, selalu naik turun serta terus menerus menggelinding, bagaikan bola liar yang lepas tak terarah. Begitulah yang dijalani Achmad arnold Baramuli selama tujuh puluh tahun perjalanan hidupnya. Lelaki pemberani asal pinrang, dusun kecil di pedalaman sulawwesi selatan, Sosok yang legam warna kulitnya, liat raut tubuhnya, cerdik sorot matanya. Namun, dengan gerak dan langkah yang sangat mengejutkan orang lain.


Baramuli seorang tukang berkelahi sekaligus murah hati, penggemar fanatik olahraga serta pencemburu, politikus ulung dan juga tangkas sekali kalau sedang berbicara. Ketika usianya belum genap 29 tahun, Presiden Soekarno telah mengangkatnya sebagai Gubernur Sulawesi Utara-Tengah dengan tugas khusus, menyelesaikan pemberontakan permesta.

Hari-hari ini, namanya selalu dikaitkan sebagai otak di belakang kemelut Bank Bali. Ini semua terjadi tak lebih dari empat tahun yang lalu sesudah Baramuli dengan keberanian luar biasa menggugat zaman, menghadapi segala macam tekanan dan praktis sendirian, mengungkap penyelewengan Eddy Tanzil yang menguras 430 juta US $ uang kekayaan negara yang tersimpan di Bapindo.

tidak akan pernah cukup kata-kata untuk bisa melukiskan sosok Baramuli dengan utuh. Tidak akan pernah ada kalimat bisa menyebutkan tuntas segala ragam sepak terjangnya. Baramuli adalah The Untuochable and a man for all season.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar