Senin, 17 September 2012

Apa itu Mikrobiologi??

 

     Spp,KRS, semuanya sudah tuntas untuk semester ini. Ruang kuliah semester 5 sudah menanti semakin banyak tantangan dan semakin diperlukan pula usaha ekstra untuk memahami materi kuliah, kebanyakan kakak senior bilang semester 5 masuk dalam kurva atas untuk mata kuliah di jurusan biologi, itu ternyata benar, karena dapat dilihat dari beberapa mata kuliah yang akan di hadapi ditamabah dengan praktikumnya yang super banyak.

      Berawal dari itu saya sangat tertarik dan menarik sebuah keinginan untuk mencari tahu lebih awal salah satu mata kuliah yang sangat tren dan populer di jurusan biologi yaitu "Mikrobiologi" kenapa saya tertarik mungkin berawal dari konteks bahasa dan ruang lingkup kajiannya yang sangat dalam tentang mikroorganisme, ini merupakan sebuah hal yang luar biasa, kalau kita mau kaji materi hiudp yang terbanyak adalah mikroorganisme, sehingga saya sempat berpikir gimana ceritanya apabila mikroorganisme ini berubah menjadi besar.

      Dari beberapa referensi yang saya dapat banyak pengertian mikrobiologi yang saya dapat, tapi dominan  yang memberikan pengertian mikrobiologi itu suatu ilmu yang mempelajari tentang organisme hidup yang kecil yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, sebenarnya ruang kajian yang paling menari setelah mengetahui jenis-jenis mikroorganisme adalah mengetahui mikroorganisme yang menyebabkan penyakit, sehingga dapat dicegah atau di obati, dan yang dikembangkan sekarang adalah mengendalikan kelainan genetika dan penyakit seperti kanker.

     Bagaimana penerapan mikrobiologi, bagi kebanyakan kita, apa yang tak terlihat berarti tidak ada. Namun andaikan dengan dengan suatu keajaiban, mikroorganisme itu untuk sementara dapat dibesarkan hingga ukuran yang dapat dilihat, pandangan selintas terhadapnya akan menakutkan kita, sehingga  tak mungkin kita akan melupakan bahwa mikroorganisme terdapat di mana-mana, secara harfiah bertebaran pada semua benda di atas bumi.

     Jadi intisari yang akan kita dapat dari kajian mikrobiologi, bagaimana kita mempelajari anatomi, fisiologis dan menunjukkan apa yang dapat ditimbulkan dan bagaimana mikroorganisme  itu dapat dikendalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar